affiliate program (program afiliasi) adalah suatu cara untuk mempromosikan atau memasarkan produk orang lain dengan keuntungan mendapat komisi, jika ada produk yang berhasil terjual oleh kita. Dalam bisnis konvensional, affiliate dikenal dengan istilah makelar atau calo. affiliate program ini merupakan bagian dari bentuk affilate marketing yang cara kerjanya bisa di gambarkan dalam diagram berikut :
Secara sederhana bisa dijelaskan tugas utama dari seorang affiliate marketer adalah mengirimkan visitor/pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant/toko. Saat visitor/pengunjung itu melakukan pembelian atau melakukan suatu transaksi di website merchant, si merchant akan tahu bahwa visitor itu datang dari Anda dan oleh sebab itu Anda akan diberi komisi oleh merchant tersebut. Bagaimana si merchant bisa tahu visitor itu datang dari Anda ?

Ketika seorang visitor yang datang ke website affiliate Anda dan meng-klik sebuah link yang membawanya ke website merchant, pada saat itu sebenarnya ada proses di belakang layar yang terjadi. Sebuah cookie, sebuah istilah teknis, yang sebenarnya adalah sebuah file kecil yang ditaruh di komputer pembeli saat mereka meng-klik link ke website merchant. Cookie ini berguna untuk memberitahu si merchant bahwa visitor / pengunjung tadi datang dari affiliate / makelar yang mana sehingga tidak akan terjadi si merchant salah memberikan komisi ke affiliate lain.

Di luar negeri, hampir semua merchant / toko yang menjual produk dan jasa memiliki program affiliate. Dari nama besar seperti : Walmart, Home Depot, eBay, Yahoo, Dell, HP, Sony hingga merchant-merchant kecil yang kemungkinan besar belum pernah Anda dengar namanya. Ada ribuan atau bahkan puluhan ribu merchant yang memiliki program affiliate. Sehingga sebagai seorang affiliate marketer, Anda tidak akan pernah kekurangan produk / jasa yang mau di promosikan. Justru sebaliknya, Anda seringkali akan bingung mau mempromosikan produk / jasa / penawaran yang mana. Waktu setiap orang hanya maksimal 24 jam, Anda harus memilih merchant atau program affiliate yang mana yang mau Anda promosikan.

Sebagai pemilik blog/website yang mengikuti program ini akan menerima komisi yang besarnya beragam, berkisar antara 1%-75% tergantung dari pemilik produk. Komisi dari program ini didapat jika ada orang yang membeli produk yang anda pasarkan, melalui website anda atau melalui link yang telah diberikan user name anda.

Contohnya jika berhasil menjual sebuah notebook dengan harga $800 dan komisi yang ditetapkan oleh pemilik produk 5%, maka anda akan mendapatkan komisi $40. Biasanya komisinya diakumulasikan dan dapat diambil/dikirim melalui cekatau alat pembayaran lain, jika sudah memenuhi minimum cashout yang besarnya rata-rata $100.

Untuk menjadi affiliate marketer, hal yang pertama harus anda lakukan adalah bergabung (daftar gratis) dengan perusahaan penyedia affiliate program (program untuk affiliate marketer) yang terdapat di internet.

Beberapa jaringan affiliate program yang dapat anda ikuti antara lain :

amazon.com

Setelah anda mendaftar dan diapprove, maka selanjutnya adalah memilih produk apa yang ingin anda pasarkan, tentunya yang relevan dengan website atau blog anda (jika memiliki website), setelah itu, anda tingggal mencopy paste kode atau skrip banner atau link produk yang akan anda pasarkan, dan menempelkannya pada website anda.

Jika ada pengunjung website anda yang membeli barang melalui banner atau link tersebut, maka sudah dipastikan anda mendapatkan komisi dari transaksi tersebut.

Silahkan baca juga artikel ini



0 komentar

Posting Komentar